Mahkamah Agung Laksanakan Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Bagi 4 (Empat) Lingkungan Peradilan di Makassar

Makassar, Kamis, 6 Juli 2023. Pada Tanggal 6 Juli 2023, bertempat di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar, Bapak, H. Iswan Herwin, S.H., M.H. beserta jajaran Hakim Tinggi dan Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar mengikuti acara pembinaan Teknis dan Administrasi secara langsung (luring) oleh Pimpinan Mahkamah Agung.

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin ini bertujuan untuk menguatkan kembali tekad dan semangat bersama dalam rangka mewujudkan cita – cita menuju Badan Peradilan Indonesia Yang Agung dan Modern sebagaimana yang diamanatkan dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035.

Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Bapak. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,SH.,MH secara langsung menyampaikan materi tentang Keberlanjutan Sistem Peradilan Elektronik (Perma 6/2022, Perma 7/2022, Perma 8/2022), Pemanggilan dan Pemberitahuan Melalui Surat Tercatat, Penunjukan Majelis Hakim Menggunakan Artificial Intelligence (AI), Pembacaan Amar Putusan Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali secara Online/Live Streaming dan hal – hal lain mengenai tahun politik. Ketua Mahkamah Agung RI juga menghimbau seluruh jajaran hakim dan warga peradilan agar senantiasa menjaga integritas dan profesionalitas.

Wakil Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Bapak Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. menyampaikan materi tentang Tenggang Waktu Pengajuan Peninjauan Kembali, Alasan Novum & Pertentangan Putusan, Mengambil Sumpah dengan kalimat yang benar, penghapusan arsip perkara, realisasi anggaran Mahkamah Agung, Penyelesaian Tindak Lanjjut Laporan Hasil Pemeriksaan BPK dan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Turut hadir memberikan pembinaan dalam kegiatan ini yaitu, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Para Hakim Agung dan Para Pejabata Eselon I Mahkamah Agung.

Acara pembinaan Mahkamah Agung ini dilakukan secara gabungan (hybrid) yaitu daring dan luring, dimana untuk luring diikuti oleh para pimpinan unsur-unsur dalam wilayah Hukum Makassar, antara lain Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan TUN, dan Peradilan Militer dalam wilayah hukum Makassar. Sedangkan untuk pembinaan yang dilakukan secara daring diikuti oleh Badan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan TUN serta Peradilan Militer seluruh wilayah Indonesia melalui aplikasi Zoom.

 

Read 219 times

Hubungi Kami

Telp   : (0411) 452773
Email :  info@pttun-makassar.go.id
            pttun.makassar@gmail.com

Alamat :

Kantor Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar (Jl. AP. Pettarani No. 45 Makassar 90231)

Jam Pelayanan :

Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
Jumat : 08.00 - 17.00 WITA
Sabtu dan Minggu : Tutup

qrcode_esurvey1.pngqrcode_priostar_1.pngqrcode_pustakadigital.pngsidaengqrcode1.png

PETA LOKASI KAMI