Sambut Hari Raya Idul Adha 1444H, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar Laksanakan Rapat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 2023

MAKASSAR – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444H, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar melaksanakan Rapat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 2023, hari Rabu, tanggal 21 Juni 2023, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar. Rapat perdana Panitia Pelaksana Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 2023 dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar dan seluruh Panitia Pelaksana yang terdiri dari Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar.

Dilansir dari website resmi Kementerian Agama (Kemenag), berdasarkan hasil sidang isbat, Kemenag telah menetapkan 1 Zulhijah 1444 Hijriyah jatuh pada Selasa, 20 Juni 2023. Dengan ditetapkannya awal Zulhijah ini, maka Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dalam  surat Al-Hajj ayat 34 Allah SWT berfirman, “ Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”  Ibadah ini bermula dari peristiwa sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Allah menguji ketaatan Nabi Ibrahim dengan mengurbankan hal yang paling berharga baginya, yaitu Nabi Ismail. Setelah menunggu puluhan tahun lamanya untuk memiliki seorang anak, Nabi Ibrahim menghadapi rasa dilema yang sangat besar ketika diperintahkan Allah untuk berkurban. Walau cinta kepada anaknya, kecintaan Nabi Ibrahim kepada Allah jauh lebih besar. Oleh sebab itu, beliau mengikhlaskan Nabi Ismail untuk menunaikan apa yang telah Allah perintahkan. Kemudian Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba. Sehingga Nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih anaknya sendiri.

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada hari Jum’at, tanggal 29 Juni 2023 bertempat di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar, yang akan dihadiri oleh segenap Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar. Adapun hewan qurban yang akan disembelih adalah 3 (Tiga) ekor sapi, yang akan disembelih dan disalurkan sesuai dengan Fiqih Qurban.

 

FOTO KEGIATAN 

  
Read 183 times

Hubungi Kami

Telp   : (0411) 452773
Email :  info@pttun-makassar.go.id
            pttun.makassar@gmail.com

Alamat :

Kantor Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar (Jl. AP. Pettarani No. 45 Makassar 90231)

Jam Pelayanan :

Senin - Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
Jumat : 08.00 - 17.00 WITA
Sabtu dan Minggu : Tutup

qrcode_esurvey1.pngqrcode_priostar_1.pngqrcode_pustakadigital.pngsidaengqrcode1.png

PETA LOKASI KAMI